Tips Membuat Film Menggunakan Kamera Smartphone

Perkembangan teknologi pada smartphone saat ini bisa dikatakan berkembang pesat. Tak hanya sekedar digunakan untuk nonton film gratisan di android dengan bantuan aplikasi khusus, tetapi juga sudah bisa membuat film dengan kamera smartphone.

Awalnya, kamera smartphone hanya bisa dipakai untuk mengambil gambar atau foto saja, tapi sekarang bisa untuk merekam video.

Terlebih, sekarang ini vendor-vendor ponsel pintar menawarkan produk buatannya dengan dibekali kemampuan merekan video, yang tentu tak akan kalah bersaing dengan kamera profesional.

Dengan hadirnya kamera di ponsel Android berkualitas HD dan lensa yang mumpuni, membuat beberapa orang mulai memakai fasilitas kamera tersebut untuk memproduksi film.

Dengan memakai kamera ponsel, tentu budget pembuatan film bisa lebih terjangkau. Bukan hanya membuat, memakai kamera smartphone juga bisa mengedit film hasil rekaman.

Jika Anda tertarik membuat film memakai kamera smartphone, berikut ini langkah-langkah yang mesti wajib dilakukan dan diperhatikan.

# Pilih smartphone

Yang harus dipersiapakan pertama kali adalah smartphone yang mampu merekam video dengan kualitas yang sangat baik. Untuk itu, diharuskan mempunyai smartphone yang dibekali dengan kamera terbaik.

Kamera terbaik di smartphone minimal bisa merekan video HD, seperti iPhone seri 6 atau 6 Plus, kemudian Samsung seri Galaxy S6 yang sanggup merekam video sampai resolusi 1080p, bisa juga LG G4 atau smartphone lainnya yang minimal kameranya di atas yang disebutkan.

# Peralatan tambahan

Seperti memproduksi film pakai kamera profesional, membuat film menggunakan kamera ponsel pintar juga membutuhkan peralatan atau aksesori tambahan. Peralatan tersebut antara lain tripod, lensa, dan mikrofon.

Peralatan tersebut dipakai sebagai penunjang agar hasil rekaman film lebih baik serta memperoleh kualitas video yang lebih bagus.

Untuk aksesoris perekam suara yang menghubungkan mikrofon langsung ke ponsel pintar, bisa menggunakan iRig PRE, yang juga berfungsi untuk menyingkronkan audio hasil rekaman eksternal.

# Edit film

Jika semua prosedur perekaman film telah selesai, bagian terakhir yaitu mengolah dan mengedit video tersebut. Untuk melakukan hal tersebut bisa dikerjakan di komputer baik PC maupun laptop, atau langsung di smartphone.

Untuk di komputer membutuhkan software khusus edit video, yang bisa diunduh di internet. Tapi, apabila Anda tidak ingin ribet harus memindahkan file video dari smartphone ke komputer, bisa juga langsung dikerjakan di smartphone.

Tinggal instal aplikasi pendukung untuk editing video, yang mempunyai lengkap seperti di komputer. Contoh aplikasi pada pengguna iOS bisa memakai aplikasi Pinnacle Studio, yang bisa menggabungkan video hasil rekaman, menambahkan efek, serta soundtrack.

Untuk smartphone Android, bisa memakai aplikasi VidTrim Pro. aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis.

# Jangan cepat menyerah

Sangat jarang untuk menjadi seorang yang profesional bisa hanya dalam satu kali percobaan. Untuk itu, buat Anda yang benar-benar ingin menekuni dan tertarik membuat film memakai smartphone, jangan cepat menyerah dan jangan lelah untuk berlatih. Karena, orang akan bisa karena sudah biasa.

Saran yang wajib Anda perhatikan dalam membuat film menggunakan kamera dari ponsel yaitu alur cerita disesuaikan dengan aksesoris, peralatan serta perlengkapan yang ada. ***

 

Comments are closed.